Layanan logistik berperan vital dalam mendukung terlaksananya proses bisnis yang terintegrasi terutama pada bagian rantai pasokan atau supply chain, hampir semua bentuk bisnis yang berkaitan dengan pengadaan barang pastinya membutuhkan layanan logistik, sebagaimana di dalamnya terkandung proses penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan bahkan hingga penghapusan terhadap barang ataupun alat tertentu.
Karena itulah, penting bagi pihak yang membutuhkan layanan ini seperti perusahaan dan lainnya agar dapat memilih layanan logistik yang tepat di tengah banyaknya jenis pilihan yang ada.
Nah, untuk membantu hal tersebut tentunya ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum memilih layanan logistik, apa sajakah itu? penasaran? langsung saja, temukan semua jawabannya di bawah ini!
1. Pengertian Layanan Logistik
Apa itu layanan logistik?
Layanan logistik adalah layanan yang membantu mewujudkan pengiriman barang menjadi lebih efektif dan maksimal, yang mana di dalamnya terdapat serangkaian proses mencakup perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan mengenai suatu alur kegiatan perpindahan barang/jasa, energi maupun sumber daya lain dari lokasi pemberangkatan hingga ke tempat tujuan.
Selain itu, layanan logistik juga erat kaitannya dengan penanganan ataupun manajemen barang seperti penyimpanan, pengawasan dan pendistribusian atau pengiriman. Sementara untuk cakupan pelayanan logistik, tergantung dari penyedia layanan logistik itu sendiri. Namun, pada umumnya pelayanan tersebut meliputi semua aspek yang diperlukan dalam proses logistik, perbedaannya mungkin hanya pada jangkauan wilayah yang dilayani.
2. Tujuan Layanan Logistik
Layanan logistik bertujuan untuk membantu mengelola dan mewujudkan penanganan barang yang efektif dan efisien, hal tersebut meliputi manajemen barang secara umum hingga proses distribusi atau pengiriman. Tak hanya itu, dalam pelaksanaanya terdapat standar utama yang menunjang tercapainya tujuan tersebut, diantaranya yaitu
- Faktor pelayanan – kualitas layanan ditingkatkan secara optimal melalui berbagai masalah atau hambatan yang telah dihadapi dari waktu ke waktu
- Faktor biaya – selalu mempertimbangkan jumlah dan besarnya nominal biaya yang dikeluarkan pelanggan sebanding dengan kualitas layanan yang diberikan
3. Jenis Layanan Logistik
Layanan Gudang
Layanan gudang sangat cocok digunakan oleh mereka yang belum mempunyai gudang ataupun perusahaan yang telah mempunyai gudang penyimpanan sendiri (gudang internal), namun membutuhkan tambahan gudang sementara dalam mendukung pengiriman jarak jauh yang biasanya memerlukan transit di beberapa akses poin (gudang) dalam prosesnya menuju ke tempat tujuan.
Dengan fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya, layanan gudang membantu penanganan, penyimpanan dan pengiriman barang menjadi lebih cepat, efisien dan biaya yang lebih terjangkau. Sebelum menentukan layanan gudang yang akan digunakan, sebaiknya perhitungkan dulu berapa banyak ruang dan lama waktu penyimpanan yang dibutuhkan di tempat tersebut, tingkat keamanan dan juga aksesibilitasnya.
Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Barang di Gudang Dapat Anda Terapkan Sekarang!
Layanan Kargo
Layanan kargo digunakan untuk mengirimkan barang dengan ukuran besar bervolume tinggi ataupun dalam jumlah banyak melalui beragam moda transportasi seperti truk/kereta api (jalur darat), kapal (jalur laut) dan pesawat terbang (jalur udara).
Dalam prosesnya, khususnya pada jalur darat, terdapat dua jenis pemuatan layanan kargo yakni
- FTL (Full Truck Load) – cocok diterapkan untuk pengiriman muatan besar dengan pemuatan penuh
- LTL (Less Than Truck Load) – pengangkutan muatan kecil, yang mana dalam satu muatan dapat menampung beberapa jenis barang sekaligus dan berbagi biaya pengiriman dengan pihak atau perusahaan lain, sehingga tentu lebih efisien dan terjangkau.
Baca Juga: Pengiriman Kargo Adalah Solusi Hemat Pengiriman, Kok Bisa?
Layanan Pelabuhan
Layanan pelabuhan meliputi layanan dalam hal pengelolaan dan kepemilikan pelabuhan oleh perusahaan logistik, jenis pelayanan ini mencakup banyak hal seperti
- Layanan berthing
- Layanan dermaga
- Layanan navigation
- Layanan pergudangan pelabuhan
- Layanan vessel provision
- Layanan yard pelabuhan
- Pilotage & harbour tug
Layanan Bongkar Muat Pelabuhan
Layanan bongkar muat pelabuhan merupakan aktivitas yang meliputi bongkar dan muat barang dari kapal ke kapal lain maupun pelabuhan dan sebaliknya. Layanan ini meliputi beberapa hal, diantaranya
- Layanan cargo handling
- Layanan heavy lifting
- Layanan lashing-unlashing
- Layanan stevedoring
- Layanan supply
Baca Juga: Lindungi Kargo Gunakan Dunnage Air Bag
Layanan Freight Forwading
Layanan freight forwading adalah layanan yang bertujuan sebagai perantara antara perusahaan yang melakukan pengiriman dengan jenis transportasi berbeda sesuai tujuan akhir barang yaitu berupa angkutan darat, udara dan laut. Layanan ini terdiri dari
- Layanan air freight
- Layanan custom clearance
- Layanan sea freight breakbulk
- Layanan sea freight FCL & LCL
- Layanan trucking
- Layanan warehousing
Layanan Pihak Ketiga (Third Party Logistics atau 3 PL)
Layanan pihak ketiga menyediakan berbagai kebutuhan logistik terpadu, yang mana di dalamnya mencakup perencanaan kebutuhan logistik, pelaksanaan segala kegiatan logistik dan lainnya. Bentuk layanan 3 PL, antara lain
- Layanan distribution center
- Layanan project cargo
- Layanan shorebase
- Layanan transportation & delivery
- Layanan warehouse management
Layanan In House
Jenis layanan logistik satu ini, umumnya ditemukan pada perusahaan-perusahaan besar yang telah memiliki manajemen terstruktur yang baik, sehingga mampu menangani segala urusan logistik secara penuh dan mandiri melalui departemen atau bagian khusus logistik yang dibentuknya.
Kelebihan dari layanan ini tentunya tingkat pengendalian yang menyeluruh terkait segala urusan logistik perusahaan dan efisiensi biaya. Namun, di sisi lain juga butuh waktu yang tidak sebentar untuk membentuk tim yang paling tidak kualitasnya lebih baik dibandingkan perusahaan yang memang mengkhususkan diri dalam pelayanan logistik.
Layanan Kurir
Layanan kurir biasanya digunakan oleh para pelaku bisnis online ataupun lainnya untuk kebutuhan pengiriman paket atau barang yang relatif kecil ke alamat tujuan atau juga bisa disebut sebagai proses tahapan akhir pendistribusian atau pengiriman langsung ke tempat konsumen. Hal ini tentu cukup praktis dan menghemat waktu.
4. Aktivitas Layanan Logistik
Aktivitas layanan logistik terdiri dari banyak hal yang tak terpisahkan satu dengan yang lainnya dan mendukung setiap kegiatan secara terintegrasi sehingga menciptakan kualitas layanan logistik yang optimal. Adapun perihal tersebut, antara lain
Layanan Pelanggan
Layanan pelanggan merupakan hasil keluaran dari sistem logistik dan tempat komponen perusahaan dapat melakukan kombinasi marketing atau pemasaran. Besarnya pelanggan yang ada dan berapa banyak pelanggan potensial (leads) yang nantinya akan menjadi pelanggan baru ditentukan melalui tingkatan atau kualitas layanan pelanggan.
Peramalan Permintaan (Demand Forecasting)
Demand forecasting menentukan keterkaitan antara jumlah produk dan peralatan yang menyertainya
Manajemen Persediaan
Manajemen persediaan berdasarkan pencapaian tertinggi pada tingkat pelayanan pelanggan yang melibatkan trading off
Komunikasi Logistik
Komunikasi logistik yang efektif haruslah menyerap bagian dari organisasi, pemasok dan customer, fungsi utama dalam organisasi, serta berbagai aspek dari setiap aktivitas logistik dan juga rantai pasok.
Material Handling
Keuntungan dari material handling ialah menghapuskan perawatan apabila memungkinkan, memperkecil jarak perjalanan, proses pekerjaan dan kerugian dari risiko penyebab kerusakan.
Proses Pemesanan
Dorongan terhahap proses pemesanan dalam layanan logistik haruslah segera diraih agar dapat memberikan permintaan pesanan yang optimal terutama kaitannya dengan kebutuhan proses elemen komunikasi dan operasional.
Baca Juga: Packaging Adalah Unsur Penting dalam Penjualan Produk, Yuk Kenali!
Pengemasan (Packaging)
Pengemasan atau packaging berperan sangat penting dalam proses layanan logistik, selain sebagai pengaman dan pelindung barang selama penyimpanan ataupun pengiriman, pengemasan juga mampu menjadi bentuk pemasaran, promosi maupun iklan. Adapun bahan pengemasan yang sering digunakan yaitu
Lakban
Lakban merupakan bentuk perekat praktis, fleksibel, multifungsi dan mudah digunakan. Dalam penggunaannya, lakban memiliki banyak jenis dan fungsi khusus yang menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan segel maupun perekatan ringan, sedang sampai berat seklipun, mulai dari perorangan hingga skala besar perusahaan yang biasanya memerlukan spesifikasi khusus seperti ukuran lebar, panjang dan tebalnya yang disesuaikan dengan kebutuhan produk mereka.
Jenis-jenis lakban yang biasanya digunakan pada pengemasan tersebut antara lain
- Lakban bening dan lakban coklat – digunakan dalam kebutuhan perekatan secara umum hingga khususnya penyegelan karton seperti kardus dan lainnya, lakban ini mempunyai kualitas dan perekatan yang sangat baik.
- Lakban printing dan lakban warna – selain berfungsi sebagai perekatan dan penyegelan secara umum, lakban warna dapat digunakan untuk membantu menangani pengelolaan, pelacakan maupun pengelompokan barang menjadi lebih mudah dan efektif dalam penyimpanan maupun pengiriman, Sementara untuk lakban printing bisa difungsikan lebih sebagai bentuk pemasaran, promosi, iklan ataupun brand awareness karena mampu memuat logo maupun tulisan khusus pada bagian lakban sesuai permintaan.
Baca Juga: Kenali Potensi Manfaat Lakban Untuk UMKM di Indonesia
Stretch Film (Plastik Wrapping Barang)
Stretch film adalah plastik film tipis berbentuk roll atau gulungan yang memiliki daya rekat kuat sehingga sangat memudahkan dalam proses pembungkusan maupun pengemasan tanpa lem dan tali pengikat. Plastik wrapping barang ini biasa digunakan untuk mengikat sekaligus melapisi dan melindungi tumpukan barang maupun produk/palet yang dikemas supaya kestabilannya terjaga ketika penyimpanan, penanganan dan pengiriman.
Baca Juga: Manfaat Utama Penggunaan Stretch Film
Bubble Wrap
Bubble wrap atau plastik gelembung digunakan sebagai pelindung barang selama pengiriman, dengan adanya lapisan gelembung udara tersebut mampu menjadi bantalan lembut dan peredam yang mengurangi daya benturan selama penanganan maupun pengiriman. Selain penggunaannya pada barang yang memerlukan perlindungan khusus seperti barang pecah belah, elektronik dan lainnya, gelembung wrap ini juga umum digunakan pada berbagai macam barang lain sebagai perlindungan tambahan.
Selain produk tersebut, masih banyak lagi jenis bahan yang digunakan dalam pengemasan ini, selengkapnya Anda bisa temukan pada halaman produk ini.
Baca Juga: Jangan Dibuang, Berikut Manfaat Bubble Wrap Bekas
Dukungan Komponen dan Jasa
Tanggung jawab layanan logistik belum berakhir walaupun produk sudah dikirimkan ke tempat tujuan atau pelanggan, hal ini berkaitan pula dengan kegiatan perbaikan dan dukungan layanan.
Pemilihan Fasilitas Penyimpanan
Pemilihan fasilitas penyimpanan berupa lokasi pabrik ataupun gudang sangatlah penting, penempatan yang strategis mampu meningkatkan kualitas layanan perusahaan secara signifikan.
Pengadaan
Pengadaan merupakan suatu proses mendapatkan barang dan jasa dalam kaitannya untuk menetapkan efektivitas operasional perusahaan dan proses logistik. Selain itu, pengadaan juga memiliki peranan penting seperti sebagai faktor penentuan kondisi material yang harus diperoleh, waktu pembelian, harga, quality control dan pemilihan sumber lokasi pasokan.
Reverse Logistic
Reverse logistic ialah penanganan dalam pengembalian barang yang mana menghubungkan ke bagian lain yang lebih besar. Pengembalian barang dari pelanggan perusahaan tersebut dapat berupa garansi perbaikan, pengganti, remanufaktur atau daur ulang.
Pengangkutan dan Transportasi
Kegiatan pengangkutan dan transportasi mengikutsertakan pergerakan produk dan meliputi penetapan cara pengiriman, peraturan transportasi, persyaratan pendistribusian domestik dan juga internasional.
Pergudangan dan Penyimpanan
Pergudangan dan penyimpanan mengacu pada pengelolaan besarnya ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan maupun mengamankan tingkat persediaan.
Baca Juga: Pentingnya Packing dalam Mendukung Kegiatan Usaha
Kesimpulan
Agar penanganan logistik berjalan dengan baik sesuai harapan pada bisnis Anda, ada beberapa cara untuk mewujudkannya yaitu membangun layanan logistik sendiri ataupun menggunakan jasa layanan yang tersedia.
Secara umum, banyak pihak yang lebih memilih menggunakan jasa layanan logistik karena relatif praktis dan efesien, tinggal terima beres dengan hasil yang cukup memuaskan.
Namun, meskipun begitu dibutuhkan pula pemahaman atau pengetahuan yang cukup agar Anda bisa menentukan dan mengetahui layanan logistik yang tepat sesuai kebutuhan, seperti mulai dari memahami apa itu layanan dan tujuan logistik serta jenis layanan hingga aktivitas logistik. Beberapa hal tersebut sangat berguna dalam membantu Anda menetapkan layanan logistik yang sesuai dan menghindari segala sesuatu yang tidak dinginkan terkait kebutuhan logistik dalam bisnis Anda.
informasi yang sangat membantu untuk saya yang baru mengenal dunia logistik