Blog

Souvenir adalah Bentuk Pemasaran yang Efektif, Mengapa?

Souvenir sangat lumrah kita jumpai bahkan dapati dalam berbagai acara dan kesempatan yang membuat suasananya semakin kondusif dan seru. Souvenir adalah komponen yang begitu penting dalam mendukung aneka kegiatan maupun promosi bagi perorangan, lembaga, tempat dan perusahaan.

Terdapat banyak hal menarik dan bermanfaat dari souvenir ini yang belum diketahui oleh banyak orang, kira-kira apa sajakah itu? Nah, berikut di bawah ini pembahasan selengkapnya, silahkan disimak!

 

souvenir adalah

souvenir adalah bentuk pemasaran yang efektif, mengapa?

 

Apa itu Souvenir?

Souvenir adalah sekelompok benda atau barang yang dijadikan sebagai simbol atas kenangan maupun kejadian penting yang biasanya berbentuk indah dan terbatas.

Souvenir artinya “untuk mengenang” dan berasal dari bahasa Perancis yaitu “souvenir”. Sementara dalam bahasa inggris souvenir artinya benda pengingat untuk suatu hal tertentu. Maksud dari hal di sini mengacu pada orang atau tokoh tertentu, suatu kejadian (peristiwa) dan tempat.

Mengutip dari kamus The Collins Cobuild Dictionary (2009), souvenir adalah barang yang relatif kecil dengan harga terjangkau dan dimaksudkan untuk hadiah, koleksi pribadi, maupun benda kenang-kenangan terkait pada suatu tempat yang pernah dikunjungi ataupun kejadian tertentu dan sejenisnya.

Kemudian menurut kamus Webster English Dictionary (2004), souvenir adalah barang-barang yang diambil oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan dalam suatu perjalanannya.

Kata lain dari souvenir adalah buah tangan, cendera mata, kenang-kenangan, oleh-oleh dan tanda mata. Terkadang beda daerah
beda pula istilahnya dalam penyebutan kata souvenir ini seperti dalam kata baku bahasa indonesia yang penulisannya menjadi suvenir.

Pada awalnya produk-produk souvenir ini merupakan bagian dari kerajinan tangan atau handy crafts yang lahir dari keterampilan dan kreativitas para pengrajin, di mana mereka mampu menjadikan barang-barang tidak menarik menjadi produk kerajinan tangan yang begitu menarik serta digemari banyak orang dan terutama oleh wisatawan.

Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan zaman serta teknologi, peranan souvenir tak hanya untuk kerajinan tangan sebagai
cendera mata dari suatu tempat tertentu, namun juga mampu masuk ke berbagai industri seperti penggunaan dalam sebuah event, pameran dan kegiatan atau acara tertentu sehingga dibuatlah secara massal.

Terkait dengan hal di atas contoh souvenir adalah seperti asbak, cangkir (mug), gantungan kunci (keychain), mangkuk, sendok, kaos, topi, notebook, kalender, tumbler dan lainnya.

 

Kegunaan Souvenir

Kegunaan souvenir sangat menarik dan beraneka ragam dalam berbagai kondisi kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkup bisnis, nah berikut ini penjabarannya

Menambah Daya Tarik Konsumen

Souvenir ini berguna untuk menambah daya tarik konsumen, ketika desain yang digunakan juga menarik sekaligus berkesan bagi si penerima dan kedepannya berpotensi pula sebagai target pasar.

Sebaiknya Anda harus memperhatikan hal apa saja yang akan ditampilkan pada souvenir terkait dengan perusahaan seperti logo, tagline, gambar perusahaan dan lainnya yang masih relevan dengan perusahaan.

 

Sebagai Kenang-Kenangan

Souvenir sangat cocok sebagai barang kenang-kenangan dalam berbagai kondisi, seperti diberikan pada tamu perusahaan, acara tertentu dan sebagainya. Tujuan dari hal ini tentunya sebagai benda kenang-kenangan pemicu atau pengingat akan suatu objek maupun kejadian tertentu.

 

Sebagai Simbol Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih dapat disampaikan melalui souvenir, di mana kondisi ini lumrah terjadi saat pertukaran souvenir terkait kerjasama diantara dua perusahaan maupun perorangan, hal ini juga menjadikan hubungan antar perusahaan atau perorangan tersebut menjadi lebih baik.

 

Media Pengenalan Produk Perusahaan

Produk adalah bagian vital dalam perusahaan yang sangat membutuhkan promosi agar lebih dikenal oleh calon konsumen, promosi sendiri membutuhkan media yang tepat seperti dalam bentuk lakban printing ataupun souvenir agar calon pelanggan dapat lebih mudah mengingat produk tersebut.

Souvenir ini biasanya tercantum logo, nama produk atau perusahaan yang hendak dipromosikan. Pilihlah bentuk souvenir yang kiranya dapat dimanfaatkan atau memiliki fungsi jika dipakai oleh penerimanya, hal ini tentu secara langsung maupun tidak langsung membuat mereka mengingat perusahaan Anda.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Memulai Bisnis Online Shop dari Nol

Menaikkan Keuntungan Penjualan

Melalui penggunaan souvenir sebagai media promosi mampu meningkatkan kemungkinan tingginya penjualan dan menggaet lebih banyak konsumen baru jika dilakukan dengan strategi dan waktu yang tepat. Hal ini juga merupakan salah satu solusi yang ampuh dalam mengatasi persaingan.

 

Mengundang Calon Pembeli

Souvenir yang bermanfaat dan bermutu tentu membuat orang yang menerimanya akan merasa senang dan tertarik, ini adalah gerakan awal dalam menyampaikan kulaitas perusahaan kemudian cepat atau lambat mereka juga akan menggunakan produk Anda karena merasa percaya dan yakin dengan kualitasnya.

 

Menumbuhkan Kesan Positif

Pemilihan souvenir sebaiknya mengedepankan kualitas dan mencerminkan gambaran atau profil perusahaan, sehingga mampu meningkatkan keyakinan konsumen dan menimbang akan mutu produk yang diberikan. Nah, hal ini berdampak pada pemberian souvenir perusahaan yang nantinya mampu memperlihatkan kredibilitas perusahaan pada calon konsumen.

 

Membuat Karyawan Lebih Bangga pada Perusahaan

Adakalanya souvenir tidak harus sebagai media promosi, namun bisa sebagai kenang-kenangan, hadiah atau cendera mata bagi karyawan. Dengan kegiatan ini mampu mempengaruhi nilai kebanggaan atau prestise karyawan pada perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Jenis Souvenir

Souvenir Pernikahan

Souvenir pernikahan adalah segala bentuk souvenir yang cocok, unik, berkesan dan sering digunakan pada acara pernikahan yang bertujuan sebagai simbol penghargaan sekaligus rasa terima kasih atas kedatangan para tamu, sehingga berperan sangat penting dalam acara pernikahan.

Bentuk souvenir pernikahan unik ini seperti sendok garpu dan centong dari kayu, gantungan kunci, handuk, kaktus mini, tas belanja, pouch, sandal indoor, mug (gelas), besek bambu, kipas anyaman, bros bunga, kotak pensil bermotif, dompet kartu, aroma terapi, dompet songket dan lainnya.

 

Souvenir Ulang Tahun

Souvenir ulang tahun biasanya dibuat pada acara pesta ulang tahun anak, sebagai ucapan terima kasih pada tamu sekaligus membuat acara semakin meriah. Souvenir jenis ini antara lain seperti buku dan pensil warna, tas berbentuk karakter lucu dan sejenisnya, puzzle, celengan, masker lucu, payung lipat, kotak bekal dan tempat minum anak, alat lukis serta banyak lagi lainnya.

 

Souvenir Hadiah

Jenis souvenir hadiah merupakan segala bentuk souvenir yang fungsinya ditujukan sebagai penyerta atau tambahan hadiah selain hadiah utama pada lomba maupun acara kompetisi serta bisa juga sebagai kado. Contohnya seperti tumbler, hampers (bingkisan), mug, piala, pena custom dan lain sebagainya. Penggunaan jenis ini juga cocok digunakan sebagai souvenir untuk guru yang tentunya sangat berkesan.

 

Souvenir Promosi atau Branding

Souvenir promosi atau branding ini sering digunakan oleh perusahaan, lembaga dan sejenisnya sebagai media promosi suatu produk atau campaign dari mereka untuk mendapatkan lebih banyak calon konsumen yang nantinya juga memungkinkan kenaikan omset penjualan.

Souvenir promosi ini antara lain adalah segala bentuk benda yang bermanfaat, relevan dan bisa ditambahkan logo, gambar atau hal yang mencerminkan serta berkaitan dengan lembaga atau perusahaan tersebut, seperti pena, payung, notebook, tumbler, kaos, gantungan kunci dan lainnya.

 

Souvenir Wisata

Souvenir wisata adalah segala bentuk souvenir yang dibuat oleh pengrajin di daerah tertentu atau hanya di tempat wisata itu saja dan merepresentasikan ciri khas dari daerah tersebut, entah dari bahan baku pembuatnya, ikon/simbol wisata, keindahan alamnya dan lainnya. Souvenir wisata biasanya seperti gelang, patung, kerajinan seni, baju, miniatur dan banyak lagi lainnya.

Jenis souvenir ini bersifat terbatas atau eksklusif, di mana hanya bisa di dapatkan di daerah wisata itu saja. Sementara fungsi souvenir bagi wisatawan itu sendiri selain sebagai kenang-kenangan ataupun pengingat tempat wisata tersebut, juga memberiikan kebanggaan tersendiri karena nilai keindahan dan keeksklusifannya.

 

Tips Memilih Souvenir

Pemilihan souvenir sesuai jenis dan fungsinya untuk berbagai keperluan sangat penting diperhatikan, agar lebih mudah dalam mencapai tujuan yang ditargetjkan sekaligus efektif dan efisien. Berikut beberapa tipsnya, silahkan disimak!

1. Sesuaikan dengan Kuantitas Peserta

Kuantitas souvenir harus sesuai dengan kapasitas peserta dan tidak boleh kurang, usahakan untuk menyediakan jumlah souvenir yang pas/sesuai atau paling tidak dilebihkan sedikit dari target. Ini penting agar semua peserta mendapat bagiannya dan tentu menjaga kredibilitas serta kualitas Anda maupun perusahaan.

 

2. Persiapkan Biaya atau Budget

Persiapkanlah atau perhitungkan biaya yang hendak Anda atau perusahaan keluarkan untuk pengadaan souvenir tersebut. Nah, dari perhitungan biaya ini, Anda dapat lebih mudah dalam menentukan jenis souvenir yang sesuai, Usahakanlah untuk menyesuaikannya dengan anggaran yang telah ditetapkan.

 

3. Pilihlah yang Mempunyai Kegunaan

Souvenir yang mempunyai kegunaaan tentunya lebih berkesan dan bermanfaat bagi si penerima, hal ini juga membuat Anda atau perusahaan lebih mudah diingat.

Baca Juga: Pallet Wrap – Berbagai Tipe dan Kegunaannya

4. Selalu Perhatikan Ukuran Souvenir

Ukuran souvenir sangat penting untuk diperhatikan, di mana sebaiknya bersifat handly/mobile (mudah dibawa) oleh si penerima agar tidak menyusahkan saat dibawa pulang atau pergi. Hal ini juga mempermudah Anda atau perusahaan jika memesan souvenir dari luar kota karena mampu menekan biaya ongkos pengiriman.

 

5. Pilihlah Souvenir yang Unik

Souvenir yang unik akan meningkatkan daya tarik dan kesan positif tersendiri bagi si penerima sehingga mereka akan lebih mengingat serta menjaga benda souvenir tersebut, yang tentunya berdampak positif pula bagi Anda atau perusahaan.

 

6. Pengemasan yang Rapi dan Cantik

Pengemasan atau packaging yang rapi dan cantik dapat menjadikan souvenir lebih indah, aman dan istimewa serta meningkatkan kredibilitas serta nilai Anda atau perusahaan di mata si penerima maupun calon konsumen.

 

7. Sesuaikan dengan Tema Acara

Perpaduan tema acara dan souvenir yang sesuai, membuat kesan yang lebih baik tentunya dan meninggalkan nilai positif yang tak terlupakan bagi si penerima.

 

8. Pesanlah dengan Rentang Waktu yang Cukup

Pemesanan souvenir dari jauh-jauh hari tentu memberikan rentang waktu yang cukup untuk pengerjaannya, sehingga souvenir pun
akan siap digunakan sebelum acara tersebut berlangsung.

 

Souvenir adalah Bentuk Pemasaran yang Efektif, Mengapa?

Souvenir ternyata menyimpan banyak hal menarik dan manfaat yang begitu luas, untuk berbagai kalangan baik perorangan maupun perusahaan. Ada banyak jenis dan kegunaan dari souvenir yang telah dijelaskan sebelumnya, dari hal tersebut banyak ditemui bahwa souvenir adalah pada dasarnya merupakan media promosi atau pemasaran yang efektif dalam mendukung banyak kegiatan, campaign, event dan sejenisnya.

Pemasaran yang efektif merupakan upaya untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin dengan sumber daya tertentu yang relevan. Sumber daya yang dimaksud tersebut seperti ide, tenaga, uang (modal) dan sebagainya.

Suatu pemasaran yang efektif dinilai berhasil jika mampu mencapai hasil yang lebih banyak ataupun lebih baik dengan sumber daya
yang ada. Salah satu media yang paling cocok ialah souvenir di mana memungkinkan untuk berinteraksi secara langsung dengan
konsumennya. Hal ini juga menumbuhkan brand loyalty yang timbul dari pengalaman tersebut.

Tak hanya itu, souvenir menjadi bentuk pemasaran yang efektif karena mampu menciptakan hubungan kedekatan secara personal, menyajikan pengulangan merek atau brand, fungsional, tahan lama, lebih ekonomis dan bebas pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *